Pendarahan Menstruasi

Pendarahan Menstruasi – Pada siklus menstruasi memang sangat berbeda beda ke pada siklus selanjutnya. Namun, tidak pada wanita yang mempunyai badan lebih besar, telah memiliki anak atau menjelang menopause yang biasanya akan mendapatkan pendarahan menstruasi yang lebih banyak dari pada orang normal. lainnya yang hanya sekitar 6 sampai 7 sendok teh saja berkisar (30-40 ml).

Pendarahan Menstruasi

Pendarahan Menstruasi

Pendarahan menstruasi memang lebih banyak di beberapa  hari pertama dan akan semakin berkurang mendekati akhir siklus menstruasi. Tidak hanya sedikit pada wanita yang mengeluhkan perdarahan yang ekstrim di hari hari pertama pada siklus menstruasi sehingga darah bisa menembus membasahi pakaian atau tempat tidur anda. Darah menstruasi biasanya juga mengandung gumpalan yang mirip dengan potongan hati.

Ada cara yang mudah mengetahui apakah pendarahan menstruasi pada seorang wanita berlebih atau tidak adalah dengan mencermati penggunaan pembalut (penggunaan pembalut yang biasa bukan yang maxi). Setiap tampon akan menampung satu sendok teh saja sekitar (5 ml) darah, sehingga jika dalam satu masa menstruasi anda akan membutuhkan lebih dari tujuh pembalut yang berukuran normal maka pendarahan menstruasi anda yang termasuk melebih dari rata rata. Namun, memang dokter tidak akan menggunakan angka sebagai acuan klinis, karena dengan berbagai kondisi lain pada wanita juga bisa dipertimbangkan untuk menilai pendarahan menstruasi tersebut termasuk yang berbahaya atau tidak.

Pendarahan menstruasi yang berlebih harus sekali anda waspadai sebagai gejala yang pada suatu kondisi penyakit yang disertai dengan gejala kram, terjadi gumpalan darah yang lebih besar, memicunya anda akan sulit tidur, kelelahan dan sesak nafas.

Penyebab Pendarahan Menstruasi

Terkadang  pada wanita yang biasa mengalami pendarahan yang berlebih pada saat menstruasi. Hal itu pun akan membuat wanita semakin lemas karena kekurangan banyak darah.

Berikut ini ada beberapa penyebab yang harus anda ketahui kenapa terjadi pada anda pada siklus pendarahan menstruasi, yaitu :

  • Hormon tidak seimbang

Dinding rahim yang akan mengalami pendarahan menstruasi disebabkan oleh pada sistem kinerja hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita. Jika jumlah hormon tidak akan seimbang, maka darah yang meluruh di dinding rahim biasanya akan lebih hebat dari biasanya dan membuat pendarahan menstruasi semakin banyak.

  • Spiral

Alat kontrasepsi berupa spiral adalah penyebab lain dari pendarah menstruasi yang berlebihan. Hal ini dikarenakan bahan dari spiral meningkat pada pendarah dari dinding rahim. Jika tidak nyaman, maka spiral sebaiknya diangkat dan dihentikan dalam pemakainya.

  • Gangguan rahim

Jika ada gangguan dalam rahim, pendarah menstruasi akan semakin meningkat. Contoh dari gangguan tersebut jika wanita tidak mengalami siklus ovulasi, sehingga hormon progesteron tidak akan mampu diproduksi. Ketiadaan hormon progesteron akhirnya akan memicu pendarahan menstruasi yang berlebihan.

  • Adenomyosis

Adenomyosis adalah suatu penyebab lain dari pendarahan menstruasi, hal ini terjadi jika endometrium diimplan pada otot rahim. Untuk menghindari kondisi yang semakin parah, segeralah anda konsultasikan pada dokter terdekat.

  • Kanker

Meskipun terbilang jarang, kanker rahim, kanker ovarium, dan kanker serviks dapat menyebabkan karena adanya pendarahan menstruasi yang berlebihan.

Cara Menghentikan Pada Pendarahan Menstruasi yang berlebihan

Umumnya pada siklus menstruasi pada wanita akan berlangsung selama 28 hari sekali. Tetapi, siklus pada tiap tiap wanita sangat berbeda, sehingga akan mengakibatkan siklusnya juga tidak sama antara dengan yang lain. Untuk saat haid umumnya akan berlangsung sepanjang 3 sampai 7 hari, serta maksimal 15 hari. Terkadang haid akan menghalangi dari berbagai aktivitas , anda harus mengetahui cara menangani haid supaya cepat berhenti agar anda dapat melakukan aktivitas seperti berolahraga ekstrem, berenang, serta lain sebagainya seperti biasanya.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menghentikan pendarahan menstruasi yang berlebihan, diantaranya :

  • Jauhi stress

Pada aspek fisiologis juga punya pengaruh pada siklus haid, terus santai tidak terlalu memikirkan yang dapat membuat anda stress bisa menolong anda dalam menangani haid agar cepat terhentikan.

  • Memperbanyak minum air putih

Air putih baik sekali untuk mengeluarkan racun pada tubuh anda. Waktu anda tengah haid dengan perbanyak minum air putih yang lantaran berguna untuk membantu dalam pencernaan serta melancarkan metabolisme di dalam tubuh anda.

  • Kayu manis

Rempah dapur yang satu ini sudah dipercaya oleh masyarakat China kuno untuk mengatasi masalah menstruasi. Jika menstruasi berlangsung terlalu lama, coba campur kayu manis ke dalam teh untuk diminum. Tanyakan juga pada dokter apakah suplemen kayu manis bisa dikonsumsi untuk meredakan menstruasi yang berkepanjangan.

  • Raspberry merah

Senyawa di dalam buah raspberry merah adalah makanan alami yang bisa menghentikan menstruasi berkepanjangan. Campur buah ini ke dalam segelas air panas dan biarkan selama satu setengah jam. Air tersebut pun bisa dikonsumsi dua kali dalam sehari demi mendapatkan hasil terbaik.

  • Makanan kaya magnesium

Umumnya, kekurangan magnesium ternyata juga bisa membuat menstruasi berlangsung lebih dalam dari biasanya. Jadi jika ingin kondisi kembali normal, coba nikmati makanan kaya magnesium. Contohnya semangka, labu, kedelai, alpukat, dan oatmeal.

Pendarahan Menstruasi


=====================================

>>> Pengobatan Haid Menstruasi Tidak Lancar dan Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.