Nyeri Saat Menstruasi

Lamanya haid  atau keluarnya darah, secara fisiologs haid sebaiknya tidak kurang dari 3 hari namun tidak lebih dari 10 hari, interval rata-ratanya antara 5-7 hari. Nyeri saat menstruasi menurut berat ringannya dibagi menjadi tiga golongan, yakni :

  1. Nyeri saat menstruasi ringat terasa sebagai mules yang terjadi pada perut bagian bawah yang bila dibawa istirahat akan hilang sendiri tanpa penggunaan obat-obatan.
  2. Nyeri saat menstruasi sedang, pada kondisi ini untuk mengatasi nyeri harus dipergunakan obat-obatan pereda nyeri, istirahat selama kurang lebih 1-2 hari untuk bisa berakitivitas kembali.
  3. Nyeri saat menstruasi berat. Dalam hal ini disamping nyeri terjadi mual, muntah, dan juga kadang-kadang dengan diare, badan lemas, memerlukan istirahat, tidak dapat beraktivitas, dan bisa memerlukan pengobatan.

Disamping dari berat ringannya rasa nyeri saat menstruasi, harus diprhatikan juga derajat nyeri atau keprogresifan nyeri tersebut dengan membandingkan nyeri haid yang mana paling irasakan lebih berat antara haid yang sedang berlangsung dengan haid yang sebelumnya.

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, ternyata bahwa pola hidup yang disertai dengan gejala-gejala klinik yang dirasakan dapat berasal dari faktor psikologis tetapi dapat juga berasal dari terjadinya atau adanya resiko tinggi terhadap kelainan-kelainan penyakit yang diturunkan secara genetika dan pola hidup yang tidak teratur. Kondisi-kondisi dari resiko penyakit tersebut umumnya bisa dicegah atau minimal tidak berkembang dengan cepat apabila memperhatikan sejak awal kejadian-kejadian keluhan dan gejala yang terjadi selama haid misalnya adalah nyeri saat menstruasi. Mengingat haid atau menstruasi sering tidak teratur, maka untuk mengevaluasi kemungkinan penyakit tersebut berdasarkan pola haid.

Namun biasanya nyeri saat mensruasi yang dirasakan pada wanita adalah hal yang wajar. Namun kram perut tersebut perlu adanya pemeriksaan jika terjadi parah hingga membuat mual dan muntah. Banyak yang sangat menderita jika siklus menstruasi datang. Hal ini bisa saja dikarenakan penyakit endometriosis, penyakit ini bisa menyebabkan nyeri  menstruasi yang sangat hebat saat menstruasi datang. Ini dikarenakan reaksi dari penyakit endometriosisnya.


=====================================

>>> Pengobatan Haid Menstruasi Tidak Lancar dan Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>