Menstruasi Pada Wanita

Menstruasi Pada Wanita – Menstruasi pada wanita akan terjadi pada umur 12 tahun, atau bisa kurang atau lebih dari umur 12 tahun, karena hormon setiap orang akan berbeda beda. Menstruasi pada wanita juga akan terjadi setiap bulan nya dengan teratur jika tidak hamil atau tidak ada gangguan atau penyakit di dalam tubuh yang akan mempengaruhi menstruasi.

Proses menstruasi pada wanita adalah hal normal yang dapat terjadi, karena menstruasi juga akan menjadi penentu kehamilan seorang wanita. untuk mengukur tingkat kesuburan untuk terjadi pembuahan akan di perlukan siklus menstruasi untuk menentukan nya. dan proses menstruasi memiliki waktu yang berbeda beda. Waktu yang normal terjadi menstruasi dari mulai tiga hingga empat belas hari. jika lebih atau kurang dari angka normal mungkin ada suatu kelainan atau masalah pada bagian rahim di dalam nya.

menstruasi

menstruasi

Proses Menstruasi

Menstruasi memiliki proses hingga terjadi nya menstruasi pada wanita hingga masa ovulasi terjadi. Untuk mengetahui proses menstruasi maka bisa melihat sebagai berikut :

  • Fase pertama

Proses yang pertama adalah fase di mana terjadi nya menstruasi pada wanita terjadi yang di tandai keluar nya darah dari vagina.  darah yang keluar merupakan darah yang berasal dari dinding rahim yang luruh akibat dinding rahim yang sudah menebal. Dinding rahim dapat melakukan penipisan karena tidak ada janin di dalam rahim untuk di lindungi hingga rahim menipis. Menipis nya rahim karena juga  di pengaruhi oleh dua hormon yang mengatur nya, yaitu hormon estrogen dan juga hormon progestrogen. Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri atau sakit dan berlangsung hingga selama 3 hari waktu minimal nya.

  • Fase kedua

Fase kedua merupakan hari ke 8 atau hari ke sepuluh dari masa menstruasi yang baru saja berhenti. Hal ini karena rahim sudah tidak lagi menipis dan akan kembali menebalkan dinding rahim kembali. keadaan rahim pada saat ini keadaan yang sedang baik, hingga jika ada sperma yang memasuki rahim untuk pembuahan akan bertahan cukup lama, kurang lebih bisa bertahan selama 5 hari, karena mukosa rahim juga akan di produksi pada fase ini., atau banyak di kenal juga dengan masa subur wanita.  hal ini tidak akan berlangsung lama.

  • Fase ketiga

Fase ketiga adalah fase pra menstruasi kembali, hingga hormon mengalami penurunan. Penurunan hormon akan mempengaruhi tingkat emosi wanita sehingga akan mudah sensitif. Fase ketiga ini merupakan fase yang sebelum datang nya menstruasi lagi, dan pada saat ini rahim juga akan sedang tebal dan ingin menipis kembali untuk terjadi menstruasi pada wanita karena tidak ada pembuahan.

Cirik Ciri Mentsruasi Pada Wanita

Pada saat pra menstruasi maka tubuh wanita akan merasakan ciri ciri menstruasi yang dapat dengan mudah untuk di rasakan. Pada hari pertama pra menstruasi maka tubuh terasa sangat lemas atau mudah sekali merasakan lelah hingga banyak wanita yang membatasi aktifitas nya. karena pra menstruasi akan menyebabkan rasa sakit pada bagian perut bawah, yang di sebabkan ada nya kontraksi otot.

Kontraksi pada otot rahim terjadi karena dinding rahim yang akan mulai untuk luruh, hingga perut juga akan merakan kembung hingga rasa mual akibat naik nya asam lambung. Ciri ciri menstruasi pada wanita juga bisa meningkatnya nafsu makan hingga selalu merasakan lapar dan ingin selalu makan. tetapi tidak jarang juga yang akan kehilangan nafsu makan karena rasa mual yang terus datang. Bagian tubuh hingga pinggul juga akan teras sakit atau nyeri ketika di gerakan untuk melakukan aktifitas.

Rasa pusing kepala juga sering datang bersamaan dengan rasa nyeri tubuh yang di rasakan. Terjadi penyakit diare juga di sebabkan pra menstruasi hingga banyak wanita yang mengalami diare pada saat sebelum menstruasi. Menstruasi pada wanita yang mengalami penurunan hormon juga akan menyebabkan emosi menjadi tidak menentu, hingga ciri ciri menstruasi yang parah bisa akan terjadi depresi atau stress yang datang secara tiba tiba. Karena perubahan hormon tersebut maka akan membuat wanita akan mudah untuk menangis ataupun marah secara tiba tiba tanpa sebab yang jelas.

Mengatasi Menstruasi Pada Wanita

Karena pada pra menstruasi akan menimbulkan gejala gejala yang akan terjadi, maka oleh sebab itu bisa mengatasi nya dengan hal sebagai berikut :

  • Kompres perut

Untuk mengatasi rasa sakit yang dialami cukup mudah untuk di lakukan, yaitu dengan cara melakukan kompres hangat ataupun dingin pada bagian tubuh seperti perut yang akan mudah untuk merasakan rasa sakit, karena otot di dalam nya sedang mengalami kontraksi. Dengan mengompres akan membantu untuk menghilangkan rasa sakit dan tubuh juga akan terasa lebih nyaman.

  • Olahraga ringan

Agar keluar nya darah menstruasi menjadi lancar maka bisa melakukan gerakan olahraga ringan yang akan membantu untuk melancarkan darah menstruasi. Melakukan olahraga ringan bisa dengan yoga atau hanya berlari kecil di sekitar rumah. Hal ini juga akan mengurangi rasa sakit haid lebih cepat. karena jika menstruasi lancar maka rasa sakit haid karena kontraksi otot tidak akan berlangsung lama, hingga bisa di lakukan pada saat menstruasi akan lebih baik.


=====================================

>>> Pengobatan Haid Menstruasi Tidak Lancar dan Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.