Menstruasi Darah Menggumpal

Pada usia remaja, hormon-hormon seksual estrogen dan progesteron yang sedang bekerja seringkali menimbulkan ketidakteraturan siklus menstruasi seorang wanita. Terkadang menstruasi berlangsung dalam waktu singkat, terkadang berlangsung sangat lama. Tidak hanya berpengaruh pada lamanya menstruasi saja, kinerja hormon-hormon tersebut dapat mempengaruhi banyak sedikitnya jumlah darah menstruasi yang keluar, bahkan bisa juga menimnbulkan darah menstruasi yang menggumpal seperti daging.

Sebenarnya siklus menstruasi normal biasanya berlangsung antara 2 sampai dengan 7 hari. Namun, karena adanya penagruh hormon, seringkali ketebalan dinding rahim menjadi meningkat apalagi pada wanita yang siklus menstruasinya tidak berlangsung sebulan sekali, tetapi 2 bulan sekali atau bahkan 3 bulan sekali. Tentu karena lapisan  dinding yang berbentuk sudah sedemikian tebal sehingga saat menstruasi yang keluar tidak hanya berupa darah segar, tetapi juga gumpalan-gumpalan darah yang merupakan kumpulan dari darah menstruasi yang telah lama tertimbun dan tidak segera keluar.

Hal seperti ini biasanya dapat diatasi dengan bantuan obat-obatan maupun terapi hormon yang diberikan oleh dokter. Namun, jika hanya terjadi ketidakteraturan siklus menstruasi saja dan kamu berusia dibawah 20 tahun, sebaiknya hal tersebut dibiarkan saja selama tidak muncul keluhan-keluhan lain karena biasanya siklus menstruasi akan mulai teratur saat seorang wanita berusia 20 tahun.


=====================================

>>> Pengobatan Haid Menstruasi Tidak Lancar dan Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>