Menopause dan Menstruasi

Sekilas Mengenal arti Menopause dan Gejala – gejala menaopause

Akhir dari kemampuan wanita untuk bermenstruasi dan akhir dari masa kehamilan disebut Menopause. Menopause merupakan fase alamiah yang dialami setiap wanita kurang lebih ketika memasuki usia 45 – 50 tahun keatas. Tergantung pad kesehatan dan pengaruh – pengaruh lainnya. Ada beberapa faktor yang mendukung terjadinya proses menopause, seperti :

- Perubahan organ reproduksi. Seperti : Perubahan rahim mengecil, lipatan tuba falopi ( tempat berlangsungnya pembuahan ) menjadi lebih pendek, kandung kemih menurun.

- Perubahan Hormon. Menurunnya kadar hormon esterogen dan progesteron sehingga tidak dapaat menimbulkan selaput lendir rahim.

- Perubahan Fisik. Seperti : payudara mulai kendur, kekeringan cairan vagina, gangguan pada otot dan sendi – sendi, kulit mulai keriput

- Perubahan Psikologis. Seperti : daya ingat mulai menurun.

- Perubahan Biolgis. Seperti : keinginan untuk berseksual dengan pasangan berkurang / menurun, osteoporosis

- Penyakit Kista, Kanker Serviks ( mulut vagina ). Mungkin ada riwayat pernah mengalami operasi pengangkatan kista.

Banyak perubahan yang dapat kita ketahui ketika seorang wanita mengalami menopause. Terkadang menopause dikonotasikan sebagai hal negatif, bahkan dianggap sebagai mimpi buruk oleh sebagian wanita, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa menopause adalah suatu takdir yang dialami setiap wanita di dunia.

Tetapi menopause tidak hanya dialami oleh wanita yang bermenstruasi, menopause juga bisa terjadi pada kaum laki – laki, hanya ada beberapa perbedaan. Ada ynag menyatakan bahwa pria yang berusia 45 – 50 tahun masuk dalam masa pubertas kedua atau bisa dikatakan masih produktif tapi tergantung bagaimana keadaan fisik, bologis dan nutrisi.


=====================================

>>> Pengobatan Haid Menstruasi Tidak Lancar dan Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause, Menstruasi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Menopause dan Menstruasi

  1. Mei arta ningsih laowo says:

    Mungkin itu lah takdir seorang perempuan

  2. Im says:

    Saya berumur 49 tahun. Selama ini saya tak pernah tidak didatangi haid. Kitar haid antara 26-30 hari. Kebiasaannya kitar haid ialah antara 28-29 hari. Cuma sekali sahaja sehingga 32 hari iaitu beberapa bulan yang lalu. Sehingga hari ini telah masuk hari ke 38 tetapi saya belum juga didatangi haid. Sejak tahun 2002, selepas kelahiran anak bongsu saya, apabila bersama, suami saya menggunakan kondom sehinggalah masuk hari ke 21 selepas haid, barulah beliau tidak menggunakannya. Adakah ini menunjukkan saya mengandung atau sedang dalam proses monopause dengan kitar haid yang mula tidak teratur? Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>