Lambat Menstruasi

Pada umumnya sebagian besar wanita mengalami menstruasi yang kali pertama pada usia 12 tahun  sampai dengan 14 tahun. Namun perkembangan terakhir justru mengindikasikan usia seorang wanita mengalami menstruasi untuk kali pertama menjadi lenih maju, yaitu pada usia 9 tahun sampai 11 tahun. Walaupun begitu ada juga wanita yang belum mengalami siklus menstruasi pertama, padahal wanita tersebut telah berusia 14 tahun. Sebenarnya hal tersebut masih di kategorikan normal-normal saja karena patokan usia maksimal terjadinya menstruasi untuk kali pertama adalah 18 tahun. Jika pada usia 18 tahun belum juga terjadi menstruasi pertama, sebaiknya pemeriksaan dilakukan oleh dokter untuk mencari penyebab mengapa menstruasi belum juga terjadi.

Sebenarnya, proses terjadinya menstruasi sangat di pengaruhi oleh kematangan hormon-hormon seksual. Kematangan hormon seksual sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya faktor gizi yang jika dalam kondisi bagus akan menimbulkan terjadinya menstruasi pada saatnya nanti dan faktor adanya rangsangan-rangsangan seksual dari luar yang akan menimbulkan terjadinya percepatan proses menstruasi.

Menstruasi adalah salah satu ciri mengindikasikan bahwa seseorang memasuki masa pubertas, yaitu ditandai dengan pertumbuhan fisik dan mulai berfungsinya organ-organ reproduksi. Cepat atau lambatnya menstruasi pertama terjadi pada diri seorang wanita belum tentu sama. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti asupan makanan, lingkungan, dan genetika bawaan. Umumnya remaja zaman sekarang lebih cepat mengalami menstruasi pertama dibandingkan dengan remaja zaman dulu. Hal ini disebabkan karena makanan yang kita konsumsi  sekarang lebih beragam sehingga merangsang tubuh untuk lebih berkembang.


=====================================

>>> Pengobatan Haid Menstruasi Tidak Lancar dan Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>